Selasa, 20 November 2018

Trend Teknologi Dalam Bidang Kesehatan

Kemajuan teknologi di bidang kesehatan berkembang begitu pesat. Perkembangan teknologi tersebut dapat dilihat dari banyaknya perubahan sistem yang digunakan di rumah sakit dari zaman dahulu hingga saat ini. Zaman dahulu sistem yang digunakan dalam bidang kesehatan lebih bersifat manual sedangkan pada saat ini perubahan di dalam bidang kesehatan lewat perpaduannya dengan teknologi telah menciptakan berbagai macam teknik pengobatan terbaru yang dulu tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Kemajuan teknologi tersebut sangat besar dalam bidang kesehatan, dengan perkembangan teknologi menimbulkan dampak perkembangan pengetahuan yang begitu cepat. Seperti, penggunaan teknologi informasi untuk mendukung manajemen informasi kesehatan yang memiliki kemampuan pengolahan lebih cepat dengan berbagai aplikasi inovatif terbaru. Secara umum teknologi di bidang kesehatan yang mengalami perubahan begitu pesat yaitu dalam hal penggunaan rekam medis. Rekam medis dengan berbasis komputer akan menghimpun berbagai data klinis pasien secara lengkap.

Kemajuan teknologi lainnya yaitu adanya resep elektronik. Jika pada zaman dahulu, penulisan resep secara manual yang lebih memungkinkan adanya keselahan. Pada saat ini, resep elektronik ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan pembacaan oleh pihak lain yang mengolah resep tersebut menjadi obat yang diberikan kepada pasien. Selain itu, resep elektronik merupakan bagian dari sistem catatan kesehatan pasien yang akan membantu tenaga kesehatan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi dalam peresepan obat misalnya interaksi obat, cara pemakaian yang salah, atau pencegahan reaksi alergi akibat obat. Selain itu, adanya alat-alat canggih dalam bidang kesehatan yang berfungsi untuk menunjang dalam penanganan pasien seperti mesin USG yang dapat mendeteksi penyakit sejak dini, cangkok jantung, cangkok ginjal dan perkembangan tekonologi lainnya. Teknologi yang semakin berkembang tersebut menuntut realisasi yang berdampak positif terhadap kehidupan manusia khususnya di bidang kesehatan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi memberikan banyak pengaruh pada bidang kesehatan. Pengaruh tersebut dapat berupa pengaruh positif maupun negatif. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan yang besar di masyarakat. Dalam bidang kesehatan, kemajuan teknologi dapat  mempermudah manusia mengubah dalam mengubah sistem transformasi dan komunikasi. Penggunaan rekam medik berpotensi memberikan manfaat yang begitu besar bagi pelayanan kesehatan seperti fasilitas pelayanan dasar maupun rujukan rumah sakit. Selain itu, manfaat penggunaan rekam medik juga bermanfaat bagi pasien karena dapat meningkatkan keefektifan dan efesiensi dalam proses pelayanan kesehatan. Selain itu, mempermudah tenaga kesehatan memberikan pelayanan kesehatan dan membantu dalam pengambilan keputusan klinis seperti penegakan diagnosa, pemberian terapi, menghindari terjadinya reaksi alergi dan duplikasi obat.

Selain memiliki dampak positif, kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan juga memiliki dampak negatif. Pengunaan rekam medik secara elektronik berdampak negatif juga berdampak pada pemberian pelayanan kesehatan yang diberikan. Kemudahan yang ada dapat menyebabkan kurangnya dan menurunnya efektifitas kerja dari tenaga kesehatan. Pada awalnya tenaga kesehatan melakukan semuanya dengan cara manual dan saat ini telah digantikan oleh kecanggihan teknologi. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan resep obat secara elektronik yaitu jika Dokter memberikan lebih dari satu jenis obat. Pada saat pasien mengkonsumsi sejumlah obat secara besamaan, maka akan terjadi interaksi antara obat yang satu dengan lainnya dan pastinya bertujuan untuk menyembuhkan. Akan tetapi, ada kemungkinan justru merugikan dan menimbulkan efek samping. Pemberian resep obat lebih dari satu dapat menyebabkan ketiadaan manfaat atau kelebihan dosis yang berdampak buruk. Contohnya pengunaan captopril dan alopurinol secara bersamaan dapat menyebabkan terjadinya Steven Johnson Syndom (pengelupasan lapisan kulit).

Perkembangan teknologi yang pesat dalam bidang kesehatan tentu juga akan berpengaruh pada pelayanan kesehatan yang diberikan. Dengan menggunakan rekam medik dan resep obat secara elektronik maka pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan lebih optimal. Selain itu, dapat menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan yang akan ditimbulkan seperti pada saat memberikan pelayanan kesehatan secara manual. Dari adanya kemajuan teknologi yang telah diterapkan tersebut juga dibutuhkan tanggungjawab dari tenaga kesehatan sendiri. Tenaga kesehatan harus memaksimalkan kinerja yang diberikan karena hal tersebut merupakan hal yang sangat penting. Tenaga kesehatan harus dapat menggunakan teknologi dengan benar dan beretika sehingga tidak melanggar hak, privasi dan keberadaan orang lain.

Dalam dunia kesehatan sendiri informasi adalah hal yang sangat penting, karena semua hal terkait pasien adalah informasi yang dikelola dengan baik dan aman, sehingga dibutuhkan suatu sistem yang aman dan lancar agar seluruh informasi yang didapatkan dapat digunakan untuk kepentingan pengobatan pasien. Namun, tidak semua tenaga kesehatan dan praktisi pelayanan kesehatan terhadap pasien tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dihindari jika pihak pengelola dan praktisi sarana pelayanan kesehatan menggunakan teknologi informasi dengan baik, contohnya resep elektronik yang dapat mengurangi kesalahan pembacaan oleh pihak lain yang mengolah informasi resep tersebut menjadi obat yang diberikan pada para pasien. Oleh karena itu, harus ada keseimbangan antara kemajuan teknologi dan tenaga kesehatan.

Semakin berkembangnya teknologi di bidang kesehatan juga terdapat pengaruh terhadap derajat kesehatan masyarakat. Derajat kesehatan masyarakat semakin terkontrol, dicegah bahkan dapat diatasi. Seperti kita ketahui bahwa di indonesia sendiri terdapat banyak penyakit dan seringkali masyarakat tidak mengetahui penyakit apa yang sedang mereka alami. Dengan berkembangnya teknologi yang canggih, penyakit yang awalnya tidak diketahui obat serta cara penyembuhannya kini telah mudah untuk terdeteksi dan telah ditemukan berbagai pengobatan untuk tercapainya kesembuhan. Seperti penyakit kanker yang kita ketahui bersama bahwa hingga saat ini penyakit tersebut belum memiliki obat yang bisa mendeteksi hingga tercapainya suatu kesembuhan yang sempurna bagi para penderitanya, telah banyak ditemukan berbagai pengobatan untuk menyembuhkannya. Walaupun tidak memperoleh kesembuhan secara sempurna, akan tetapi hal tersebut sangat membantu untuk meningkatkan usia harapan hidup bagi masyarakat sehingga derajat kesehatan masyarakat pun mengalami peningkatan.  Selain kecanggihan penggunaan rekam medik dan resep obat elektronik, serta cara untuk mendeteksi kanker yang memberikan pengaruh baik dalam derajat kesehatan masyarakat, perkembangan teknologi lainnya yang saat ini yaitu penggunaan smartphone. Dengan menggunakan berbagai aplikasi yang ada di smartphone tersebut kita dapat mengetahui berat badan kita itu sudah ideal ataupun tidak, mengatur pola diet serta makanan yang baik untuk dikonsumsi, dan dari berbagai macam data tersebut aplikasi ini akan memberikan pengawasan dan pengingatan kepada kita untuk senantiasa menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, beberapa perusahaan teknologi telah mengembangkan aplikasi yang dapat melakukan diagnosa sederhana dari keluhan atau ciri-ciri fisik yang dimasukkan pengguna smartphone atau dideteksi oleh smartphone. Hal tersebut merupakan dampak dari perkembangan teknologi yang memberikan pengaruh baik dalam hal peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Dengan berkembangnya teknologi juga dapat memberikan pengaruh dalam menurunkan derajat kesehatan masyarakat. Misalnya, penyakit kanker yang telah dijelaskan tadi maupun penggunaan smarthphone itu sendiri. Pada penyakit kanker penggunaan unsur radioaktif yang digunakan untuk mengobati penyakit kanker juga dapat menimbulkan efek radiasi yang berbahaya dan hal tersebut merupakan pioner timbulnya suatu penyakit baru. Pada penderita kanker yang telah parah pengobatan yaang dilakukan untuk membunuh sel kanker yaitu dengan kemoterapi. Kemoterapi tersebut meracuni sel kanker yang bertumbuh cepat, tapi pada saat yang bersamaan juga menghancurkan pertumbuhan sel sehat dalam tulang sumsum dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ lain seperti penyakit hati, ginjal, jantung, paru-paru dan lain sebagainya. Sedangkan radiasi, bersamaan dengan fungsinya yang menghancurkaan sel kanker juga dapat menyebabkan luka bakar, meninggalkan bekas luka, dan merusak sel. Dapat kita pahami bahwa kepuasaan masyarakat atas pelayanan kesehatan bukan hanya bergantung pada tenaga kesehatan yang ada, akan tetapi juga bergantung pada perkembangan teknologi. Dengan adanya perkembangan teknologi dalam bidang kesehatan juga menuntut para tenaga kesehatan untuk berperan aktif dalam hal kemajuan teknologi. Tenaga kesehatan harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan penemuan-penemuan terbaru di bidang kesehatan sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga sesuai dengan kemajuan teknologi. seperti telah kita ketahui bahwa penunjang agar tenaga kesehatan juga dapat berperan aktif dalam perkembangan teknologi maka para tenaga kesehatan juga harus memiliki pendidikan yang tinggi. Pendidikan tersebut juga akan berpengaruh pada terciptanya sikap serta etika yang baik.

Sikap beretika yang baik dan penuh tanggungjawab memang sudah seharusnya diberikan oleh tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang kepada pasien. Selain itu, seiring berkembangnya teknologi dalam bidang kesehatan sebagai tenaga kesehatan memaksimalkan kinerjanya sehingga harus mengetahui cara menggunakan terknologi secara beretika. Menggunakan teknologi dengan benar dan baik sehingga tidak melanggar hak serta privasi pasien, tenaga kesehatan juga harus melindungi data dan infromasi yang ada dalam sistem.

Dalam menyikapi begitu pesatnya perkembangan teknologi di bidang keseahatan seorang perawat juga dituntut untuk ikut serta berperan aktif dalam penggunaan serta kemajuan teknologi di bidang kesehatan. Dengan adanya penemuan serta alat-alat pengobatan dengan tingkat kecanggihan yang tinggi, seorang perawat harus mengetahui dan menguasai bagaimana cara menggunakan alat-alat tersebut. Selain itu, dalam kinerja yang baik dari seorang perawat juga merupakan hal penting karena hal tersebut akan berpengaruh pada pelayanan kesehatan yang akan diberikan pada pasien. peran yang dapat dilakukan oleh perawat terkait kemajuan dalam bidang kesehatan yaitu sebagaicare giver, change agent, dan kolaborator. Sebagai care giver seorang perawat harus menggunakan metode pemecahan masalah dalam memfasilitasi pasien dalam mengatasi masalah kesehatannya. Perawat disini berperan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien hingga mencapai kesembuhan. Dalam hal ini juga terkait dengan penggunaan teknologi, seorang perawat harus mampu mengaplikasikan serta berperan aktif dalam kecanggihan teknologi yang digunakan. Sebagai change agent seorang perawat berperan dalam pembaharu yang dapat dilakukan dengan mengadakan perencanaan, kerjasama, serta perubahan yang sistematis dan terarah sesuai dengan metode pelayanan kesehatan. terkait dengan begitu pesatnya teknologi, seorang perawat harus mampu mengaplikasikan dan menguasai penggunaan teknologi sesuai dengan  perkembangan saat ini. perawat harus mengadakan inovasi dalam cara berfikir, bersikap dan bertingkah laku. Selain itu, perawat juga berperan sebagai kolaborator yaitu bekerjasama dengan tim kesehatan lain dan keluarga pasien dalam pelaksanaan asuhan keperawatan guna memenuhi kebutuhan pasien seperti bekerja melalui tim kesehatan lain yang terdiri dari dokter, ahli gizi, farmasi, dan lain-lain.

Penemuan Teknologi Kesehatan Terbaru
1. MelaFind: Scanner Kanker Kulit Berbasis Gelombang Elektromagnetik
Alat ini berfungsi sebagai detektor yang mampu membedakan tahi lalat yang tidak berbahaya dengan kanker kulit (melanoma), sejenis kanker mematikan yang menyerang kulit dan memiliki bentuk mirip tahi lalat. Pemeriksaan melanoma ini umumnya menggunakan sampel jaringan atau lebih sering disebut biopsi. Namun, terkadang prosedur tersebut dianggap tidak efektif karena bisa saja tahi lalat yang dicurigai sebagai kanker ternyata tidaklah berbahaya. Peralatan ini memanfaatkan teknologi fotografi dengan berbagai jenis panjang gelombang elektromagnet. Kemudian data yang didapat dicocokkan dengan database melanoma yang telah dikumpulkan sebelumnya.

2. Aspirin Elektrik
Sakit kepala dan migrain umumnya dapat diredakan dengan aspirin. Kini ilmuwan berhasil mengembangkan perangkat kesehatan canggih yang mampu melawan rasa sakit akibat migrain dan sakit kepala. Alat tersebut berupa pemancar sinyal listrik kecil yang dapat diimplankan pada kranial (tengkorak), khususnya pada bagian rahang yang bergusi. Alat tersebut akan memancarkan impuls listrik yang akan memblokir sinyal sakit kepala yang dipancarkan oleh bagian sistem syaraf yang disebut sphenopalatine ganglion (SPG) tersebut.

3. Plester Anti Diabetes
Pengontrolan kadar glukosa atau gula darah pada penderita diabetes melitus atau kencing manis umumnya dilakukan dengan menggunakan test darah secara berkala. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu kenyamanan dan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terinfeksi berbagai jenis mikroba penyebab penyakit. Namun, Echo Therapeutic, sebuah perusahaan penyedia alat-alat kesehatan berhasil mengembangkan plaster anti diabetes. Plester tersebut dapat ditempelkan pada kulit dan biosensornya akan mendeteksi perubahan biokimiawi pada kulit akibat fluktuasi kadar gula darah. Informasi yang didapat dikirimkan secara nirkabel menuju monitor khusus. Mudah, bukan? Dengan plaster anti diabetes ini, Anda tidak perlu berdarah-darah lagi untuk menentukan kglukosa dalam darah.

4. RoboDoc: Robot Check Up Kesehatan Canggih
Lupakan robocop! Mulailah berkenalan dengan salah satu karya teknologi robotik yang dikembangkan dua perusahaan iRobot Corp yang bergelut didunia robotik dan InTouch Health, yang memiliki reputasi baik dalam pengembangan teknologi kesehatan. Robodoc yang diberi nama RP-VITA Remote Presence Robot ini memiliki kemampuan untuk memonitor indikator vitalitas pasien dari kamar-kekamar lain tanpa gangguan (intervensi) yang umumnya tinggi saat kondisi rumah sakit ramai. Pada tahun 2013 lalu, robot ini dinyatakan masih dalam tahap trial oleh pihak terkait.

5. Katerer Sapiens: Alat Operasi dan Tambal Katup Jantung
Alat ini digunakan untuk melakukan operasi jantuk dan pemasangan katup jantung pada paseien yang darurat dan tidak mampu melewati fase rigor saat operasi. Katerer ini akan memasangkan katup jantung tersebut melalui arteri femoral menuju katup jantung pasien yang rusak dan “menambalnya”.


(Sumber:  http://stayhumble9.blogspot.co.id/2015/05/makalah-teknologi-di-bidang-


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu